Menyusuri Keindahan Bagian Selatan Australia

Menyusuri Keindahan Bagian Selatan Australia

Jalan-jalan ke Australia rasanya belum lengkap jika tidak mengunjungi Great Ocean Road. Jalan panjang di pesisir selatan Australia ini memiliki pemandangan indah dan beberapa destinasi populer.

Rute sepanjang 243 kilometer ini saya tempuh selama satu hari penuh dan perjalanan dimulai dari Melbourne. Dengan beberapa teman, saya menyewa mobil selama satu hari untuk perjalanan ini, tujuannya adalah untuk melihat Bells Beach, Twelve Apostles dan Loch Ard Gorge.

Menyewa mobil di Australia tidaklah mudah. Walaupun SIM Indonesia bisa digunakan untuk mengemudi di sana, namun peraturan yang diterapkan sangatlah berbeda. Jika ada rencana mengemudi di Australia, sangatlah penting untuk mempelajari aturan di sana terlebih dahulu, mulai dari cara parkir sampai berbelok di perempatan jalan.

Selain itu, mengemudi di alam Australia dianggap cukup berbahaya karena binatang liar yang dapat secara tibatiba melompat ke tengah jalan raya. Hal ini mengakibatkan tingginya angka kecelakaan di jalan Australia. Karena alasan inilah, kami mengeluarkan uang lebih untuk asuransi kendaraan. Kami memilih untuk berjaga-jaga daripada menyesal kemudian.

Bells Beach Surganya Peselancar
Setelah mendapatkan mobil sewaan, perjalanan menuju Bells Beach dimulai. Bells Beach merupakan destinasi terdekat dari Kota Melbourne di sepanjang Great Ocean Road. Walaupun dekat, pengalaman pertama kali menyetir di Australia membuat sedikit takut untuk ngebut. Saya pun patuh mengikuti speed limit di jalan, sementara banyak pengemudi lokal yang ngebut tanpa menghiraukannya. Perjalanan yang singkat terasa lebih lama.

Setelah 2 jam di jalan yang penuh ketegangan dengan menempuh jarak 100 km dari Melbourne, akhirnya kami sampai juga di Bells Beach. Tidak sabar saya berjalan keluar mobil untuk menikmati pemandangan pantai ini yang terkenal dengan ombaknya yang kencang. Pantai ini sering digunakan untuk lomba selancar kelas dunia sejak 1960 sampai sekarang. Area parkiran mobil dipenuhi dengan peselancar yang bersiapsiap mengarungi ombak Bells Beach.

Walaupun angin musim dingin bertiup dengan kencang, para peselancar etap bersemangat untuk mengarungi ombak Bells Beach. Dari lokasi parkiran, saya hanya dapat melihat lautan terbentang luas tanpa ada ujungnya di depan saya. Dua kata untuk Bells Beach: breath taking. Anda dapat menikmati pemandangan indah dari tebing yang menghadap ke pantai. Anda mungkin pernah mendengar tentang Bells Beach dari film Point Break di mana pantai ini menjadi lokasi dari adegan terakhir film itu. Walaupun demikian, film itu tidak direkam di Bells Beach, melainkan di Cannon Beach, USA.

Homestay Murah dan Nyaman di Sekitarnya
Bells Beach sebagai pantai surganya peselancar pastinya selalu dipenuhi turis setiap harinya. Bahkan di hari libur untuk mengunjungi tempat ini terbilang cukup sulit karena penuh dengan wisatawan. Hal tersebut tentunya menimbulkan potensi ekonomi yang luar biasa bagi warga sekitar pantai. Salah satunya bisnis penginapan homestay yang sangat dibutuhkan oleh wisatawan.

Meskipun hanya homestay, namun para pengelola mengurusnya dengan serius. Hal ini terbukti pada setiap homestay yang tersedia memiliki genset diesel yang mereka gunakan ketika tidak ada listrik dari sumber utama. Jika anda ingin tau berapa harga genset untuk homestay merek Yanmar, bisa melihatnya melalui harga genset yanmar terbaru dan terlengkap melalui internet.