Macam-macam mesin genset yang perlu anda ketahui

Macam-macam mesin genset – Dalam kehidupan sehari-hari, biasanya baik masyarakat perkotaan maupun pedesaan mengalami pemadaman listrik secara bergilir dan waktunya pun tidak menentu. Tentu saja dengan adanya pemadaman tersebut akan mengganggu kinerja atau aktivitas dipabrik, perusahaan, maupun kantor. Sebagai jalan akhirnya mereka menggunakan generator set atau genset sebaga solusinya. Karena alat ini dinilai mampu sebagai penyuplai daya listrik baik dalam jumlah yang besar maupun kecil.

Macam-macam mesin genset

Genset yang beredar dikalangan luas berbeda-beda antara jenis yang satu dengan yang lainnya. Apalagi kapasitas dan merknya pun berbeda. Untuk anda yang masih bingung membedakan macam-macam genset yang beredar dipasaran, simak saja penjelasan berikut ini.

Mesin genset gas

Menggunakan bahan bakar gas LPG atau CNG. Dimana CNG biasa digunakan pada industri-industri besar karena jangka waktu penggunaannya relatif lebih lama. Selain itu, pembiayaan mesin genset gas sangat mahal. Ini dikarenakan untuk mendapatkan bahan bakarnya juga cukup mahal belum lagi ditambah instalasi yangcukup rumit dengan pipa-pipa permanen. Sedangkan untuk LPG biasanya digunakan pada rumah-rumah yang memiliki daya listrik yang kecil

Mesin genset bensin

Genset bensin atau yang biasa dikenal dengan Gasoline Generators menggunakan bensin sebgai bahan bakar utamanya. Dibagi menjadi 2 tipe yakni, tipe 2 tak dan 4 tak. Dimana tipe 2 tak digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dengan daya dibawah 1000 watt. Kemudian untuk yang tipe 4 tak digunakan untuk penyuplai daya listrik dengan kapasitas daya maksimal 10 kW atau 10.000 watt. Tentunya dayanya lumayan besar ya? Inilah, yang membuat genset satu ini sering banyak digunakan.

Mesin genset solar

Bahan bakar utamanya adalah solar dan daya listrik yang dihasilkan pun cukup besar yaitu 10.000 hingga 100.000 watt. Genset solar biasanya digunakan dalam acara-acara besar yang biasanya lebih dari satu hari. Seperti hajatan, dan sebagainya. Harga genset perkins silent dengan bahan bakar solar dikenal lebih murah dari merk lainya.

Mesin genset tenaga surya

Digunakan pada rumah-rumah yang tidak membutuhkan daya listrik dalam jumlah yang besar. Karena biasanya hanya digunakan pada alat-alat seperti pemanas air, pendingin dalam ruangan, dan lain-lain. dan biasanya diletakkan disekitar panel surya.

Mesin genset Honda

Mungkin anda sudah tidak asing dengan produsen jepang satu ini yang juga memproduksi mesin genset dengan kapasitas daya dari 700 hingga 10000 watt. Bahan bakarnya pun menggunakan bahan bakar yang cukup mudah ditemukan yaitu bensin.

Mesin genset Doosan

Tersedia dengan kapasitas daya dari 60 kVa sampai 750 kVa. Selain itu, mesin genset doosen juga memiliki 2 tipe yaitu genset open dan genset silent. Mesin genset Doosan pun terkenal akan mesin yang handal.

Itulah beberapa macam genset yang beredar dipasaran. Bagi anda yang ingin membeli mesin genset sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan anda juga harus memahami betul tentang detail dari mesin genset tersebut dimulai dari kapasitas dayanya, merk, bahan bakarnya, dan sebagainya. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi website jual genset diesel di jogja terlengkap.