Cara Membuat Rumah Walet Yang Baik dan Nyaman

Cara Membuat Rumah Walet Yang Baik dan Nyaman

Jika anda tertarik untuk melakukan usaha budidaya usaha walet , tentu hal pertama yang perlu anda ketahui tentu saja adalah mencari lokasi tempat walet yang tepat bukan? Nah jika anda sudah mencari lokasi untuk tempat walet tersebut maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan pembangunan atau rumah waletnya.

Namun dalam membangun rumah walet itu jngan sembarang ya. Perlu anda perhatikan cara membuat rumah walet yang baik maka harus memerhatikan beberapa aspek-aspeknya ya. tentu alasanya agar burung walet tersebut dapat hingap dan berkembang biak di dalamnya.

Membuat Rumah Walet

Tahukah anda , berbicara mengenai Cara membuat rumah walet yang baik ternyata ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan agar walet tersebut betah di tempatnya lho guys. Diantaranya anda perlu memperhatikn suhu rumah walet tersebut.

1.  Memperhatikan Suhu Rumah Walet

Perlu anda ketahui suhu di dalam rumah walet idealnya sekitar 27 – 29 derajat C dalam kondisi demikian sangat berpengaruh terhadap perkembangan populasi dan kualitas sarang. Jngan mmebuat rumah walet dengan suhu yang tinggi ya. Mengapa? Karena hal tersebut bisa menyebbkan air liur walet akan cepat mengering.

Kelembaban tempatnya pun jangan terlalu rendah karena bisa menyebabkan sarang retak dan keropos juga mengakibatkan kualitas telur wlet tersebut kurang bagus lho . nah, agar suhu rumah wlet tersebut stabil maka anda perlu membuat ventilasi udara yang biasanya menggunakan pipa PVC.

2. Pengecatan Dinding Atau Tembok Luar

Cara membuat rumah walet yang baik berikutnya adalah anda perlu mengecat dinding atau tembok luar rumah walet tersebut ya. Pengecatan tersebut bertujuan untuk mengurangi intensitas penyerapan panas matahari. Namun dalam melakukan pengecatan, anda tidak disarankan mengecat dinding dengan warna hitam sangat menyerap panas ya, tetapi yang disarankan justru cat yang berwarna terang.

3. Pemberian Plafon

Selain memperhatikan dinding, , anda juga perlu memberikan plafon pada kandang walet tersebut untuk menyeimbangkan suhu ruangan. Anda bisa menggunakan jenis plafon berupa papan triplek, cor atau beton lho. perlu anda ketahui, tata ruang dalam gedung walet akan berpengaruh juga terhadap kondisi suhu.

Menurut sumber dari situs belanja online Tokofora, untuk daerah yang bersuh rata-rata 31-32 derajat C ruang yang sempit akan mengakibatkan suhu bertambah naik. Nah, untuk mengantisipasi suhu rung naik maka lebih baik ukuran ruang rumah walet minimal 4 x 4 m.

4. Mengatur Tinggi Rendah Ruangan Walet

Dan cara membuat rumah walet yang baik terakhir yang perlu anda ketahui yaitu tinggi rendahnya ruang akan memengaruhi kondisi suhu dalam gedung lho . maka aturlah sedemikian rupa ruangan tersebut agar tinggi ruang untuk daerah bersuhu rata-rata 31-32 derajat C minimal 3 meter. Untuk daerah dengan suhu rata-rata 24-25 derajat C ketinggian ruang maksimal 3 meter.

Dengan memperhatikan keempat langkah diatas, tentunya anda bisa membuat sarang walet yang bagus dan awet. jangan lupa komen saja jika masih bingung.